Donald Trump Resmi Dilantik Menjadi Presiden AS ke-45

Donald Trump Resmi Dilantik Menjadi Presiden AS ke-45
REUTERS/Jonathan Erns

Washington DC – Pengusaha real estate ternama, Donald Trump, resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45. Trump mengucapkan sumpah jabatannya di depan ratusan ribu warga AS yang hadir langsung di Washington DC.

Trump dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts. Hakim Roberts mengucapkan kata-kata dalam sumpah jabatan Presiden AS terlebih dahulu, dan Trump mengikutinya.

“Saya, Donald John Trump, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan teguh menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, menjaga, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya,” demikian bunyi sumpah yang diucapkan Trump.

Dengan demikian, Trump resmi menjabat Presiden AS. Trump melambaikan tangan ke arah warga AS yang hadir dan mengucapkan ‘Terima kasih’ berulang kali. Teriakan ‘Trump’ membahana.

Sebelum Trump, Mike Pence mendapat giliran pertama dilantik menjadi Wakil Presiden AS. Hakim Mahkamah Agung Clarence Thomas memimpin pembacaan sumpah jabatannya.

“Saya, Michael Richard Pence, bersumpah dengan sungguh-sungguh, saya akan mendukung dan mempertahankan konstitusi AS, melawan seluruh musuh, baik asing maupun domestik,” demikian bunyi sumpah yang dibacakan Hakim Thomas kemudian diulangi oleh Pence.

Setelah membaca sumpah jabatan, Pence resmi menjadi Wapres AS. Pence kemudian memeluk istrinya, Karen.

(nvc/ams) sumber

banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan