KPK Perkuat Inspektorat Di Setiap Daerah

KPK Perkuat Inspektorat Di Setiap Daerah

Brita7.com-Penguatan terhadap inspektorat daerah sangat penting mengingat selama ini pejabat Inspektorat yang sesuai peraturan Undang-undang itu diangkat dan bertanggungjawab kepada kepala daerah.
Untuk itu Komisi Pemberantasan Korupsi akan melakukan penguatan Inspektorat yang ada di setiap pemerintah daerah guna mencegah dan mengawasi penyimpangan anggaran oleh pejabat maupun kepala daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua KPK Alexandra Marwata usai acara penyerahan laporan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah oleh Menpan-RB di Yogyakarta, Senin.(6/2)

“Ini yang kita lihat selama ini dan menjadi suatu kelemahan ketika kepala daerah tidak ada komitmen dan integritas dia akan menunjuk inspektorat- inspektorat yang melindungi kepetingan dia (kepala daerah),” katanya.

Alexandra juga mengatakan selama ini sudah banyak praktik yang terjadi di hampir semua pemerintah daerah dan kabupaten seperti itu, hal itu terbukti masih banyaknya pemda yang meraih nilai C dalam hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) 2016.

“Hampir semua kepala daerah yang terkena perkara korupsi itu bisa saya pastikan kalau inspektoratnya tidak berfungsi. Dan yang AKIP-nya nilainya C itu tida ada efisiensi, di mana peran Inspektorat kalau seperti itu,” katanya,

Menurutnya, inspektorat yang merupakan satu-satunya lembaga pengawasan di daerah harus melihat semua proses penyelenggaraan pemerintah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertangungjawban anggaran agar pekerjaan bisa terkawal.

KPK akan mendorong Menpan, supaya nanti ada peraturan Menpan maupun Kemendagri agar bagaimana inpektorat bisa independen, tidak mudah diintervensi kepala dinas maupun kapala daerahnya.

Harapannya kalau inspektorat sudah independen dan inspektorat  menemukan kepala daerah melakukan intervensi atau penyimpangan anggaran, berani melakukan teguran dan tindakan sesuai prosedur dan aturan yang ada. (ant)

banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan