Rapat Paripurna: Biaya Cetak KTP dan Akta Pencatatan Sipil Akan Di Hapuskan

Rapat Paripurna: Biaya Cetak KTP dan Akta Pencatatan Sipil Akan Di Hapuskan
Suasana Rapat Paripurna Dewan

Brita7.com- Sebanyak 30 Anggota DPRD Kabupaten Tangerang tidak hadir dalam Rapat Paripurna mengenai penyampaian penjelasan Bupati Ahmad Zaki Iskandar terhadap pencabutan 3 Peraturan Daerah (Perda) dan pengusulan 2 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Kamis (16/2/2017).

Tiga Perda yang akan dihapus yakni Perda No.2 tahun 2011 tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak KTP dan Akta Pencatatan Sipil, Perda No. 3 tahun 2012 Penyelenggaraan Pertambangan Wilayah Laut, dan Perda No. 8 tahun 2014 tentang Air Tanah.

“Pencabutan ketiga Perda tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Banten tahun 2016. Setiap pemungutan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya, serta pertambangan laut dan air tanah merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (pemprov),” kata Zaki dalam pidatonya.

Sementara itu mengenai dua raperda yang diusulkan yakni raperda tentang pelayanan publik dan raperda tentang kebudayaan daerah.Zaki mengatakan bahwa dua usulan Raperda ini sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah sesuai UU No. 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan, dan pasal 19 Permendagri No.1 tahun 2014 tentang pembentukan produk hukum daerah.

Meski hanya dihadiri 28 anggota Dewan dari 58 anggota Rapat Paripurna tersebut tetap berlangsung dan memenuhi kuorum (jumlah minimum anggota yang harus hadir dalam rapat)

Pantauan Brita7.com dilapangan, juga terlihat banyak kursi kosong yang seharusnya diisi oleh perwakilan SKPD.(ara)

 

banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan