Samsat Kota Tangerang Sumbang Hasil Pajak Setengah Triliun Ke Pemkot

Samsat Kota Tangerang Sumbang Hasil Pajak Setengah Triliun Ke Pemkot
Kepala UPT Samsat Cikokol,Indra Gumilar

Brita7.com-Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT)  Sistem Pelayanan Satu Atap (Samsat) Cikokol,Kota Tangerang, Indra Gumelar menggatakan  Pemerintah Kota Tangerang,  tidak memberi kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah dari wajib pajak (WP) pemilik kendaraan.Ini terbukti dengan kurangnya Pemerintah Kota mensosialisasikan kepada wajib pajak (WP) untuk mentaati membayar pajak kendaraan.

“Pemkot tidak melakukan sosialisasi untuk kewajiban mentaati membayar pajak kendaraan dan lainnya,” tandas Indra ditemui di kantornya,kamis (26/1)

Padahal menurut Indra, dari dua UPT Samsat yang ada di Kota Tangerang, Pemkot bisa meraup hasil pajak mencapai setengah triliun rupiah atau Rp 500 milyar lebih. Dari UPT Samsat Cikokol sendiri dikatakan, menyumbang hasil pajak sebesar Rp 600 milyar lebih pada 2016. Sejumlah Rp 8 milyar diperoleh dari pajak permukaan air, dan sisanya dari pajak kendaraan bermotor.

Memang diakui, dari hasil pengumpulan pajak melalui Samsat disetorkan ke pemerintahan provinsi. Namun dari sana ada pembagian, sekian persen untuk provinsi, serta yang dikembalikan kepada Pemkot atau pemerintah kabupaten (Pemkab).

Dijelaskan,samsat Cikokol mengelola pajak dari 8 kecamatan Kota Tangerang, dan 5 kecamatan Kabupaten. Dari pajak wilayah kabupaten ada seratus milyar rupiah lebih yang tidak termasuk penghasilan Rp 600 milyar tadi. Hasil pendapatan dari wilayah kabupaten, langsung diserahkan ke Samsat Balaraja.

“Tahun ini UPT Samsat Cikokol meraih pendapatan pajak melebihi target, yakni 102 persen. Kami belum bisa memprediksi target pendapatan tahun 2017.Lagipula, target bukan ditentukan pihak pelaksana.”

Indra mengatakan, untuk menambah perolehan pajak, pihaknya menjemput bola dengan membuka enam gerai di sejumlah mall dan wilayah. Selain itu memaksimalkan mobil keliling.

“Mobil keliling ini menghasilkan dana pajak Rp 1 milyar dalam satu bulan,” kata Indra.(Latif  )

banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan