Sebanyak 735 Bagunan Rusak Akibat Gempa Berkekuatan 6,1 SR

Sebanyak 735 Bagunan Rusak Akibat Gempa Berkekuatan 6,1 SR

Sukabumi (Brita7.com) – Kepala seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi,Eka Widiaman mengatakan akibat gempa tektonik di Banten pada Selasa (23/1/2019) kemaren,sebanyak 735 bangunan baik rumah maupun fasilitas umum mengalami kerusakan.

Dari 735 unit bangunan yang rusak tersebut tersebar di 36 kecamatan dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya bisa terus bertambah.

Sebanyak 175 rumah rusak berat, 177 unit rusak ringan dan 383 unit rusak sedang. Mayoritas bangunan rusak pada bagian atap dan dinding,”terang Eka,Rabu (24/1/2018).

Dari data sementara yang dilakukan petugas BPBD setempat tidak ada korban jiwa pada bencana gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter yang berpusat di Lebak, Banten.

Menurut Eka, pihaknya juga sudah membagi tugas untuk melakukan pendataan dan penyisiran bangunan yang rusak. Bahkan, Bupati Sukabumi Marwan Hamami beserta jajarannya ikut meninjau lokasi bencana di beberapa titik.

Sementara untuk bantuan,lanjut Eka sudah mulai disalurkan kepada warga yang menjadi korban bencana. Tapi bantuan tersebut baru bersifat darurat seperti makanan siap saji, perlengkapan makan dan mandi.

“Kami juga dalam waktu dekat akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak berat. Namun untuk sementara korban bencana yang tempat tinggalnya tidak bisa dihuni lagi diungsikan ke tempat saudaranya atau tetangganya,” jelas Eka.

Menurut Eka, getaran gempa Lebak ini dirasakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sukabumi, maka dari itu diperkirakan jumlah bangunan khususnya rumah warga yang rusak bisa terus bertambah.(ant)

banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan