Bappenda Kabupaten Bogor Hapuskan Sanksi Denda Keterlambatan Pembayaran PBB

Bappenda Kabupaten Bogor Hapuskan Sanksi Denda Keterlambatan Pembayaran PBB
ilustrasi

Bogor (Brita7.com)-Rencananya pada Februari hingga Juni nanti,Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor  akan menghapus sanksi denda keterlambatan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).Kebijakan ini diambil dengan harapan bisa  menaikan target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Penghapusan sanksi denda atau amnesty akan berlaku dari Februari sampai Juni mendatang. Wajib Pajak (WP) yang memiliki tunggakan PBB hanya membayar pokoknya saja,” kata Kepala Sub Bidang Keberatan dan Penagihan PBB, Bappenda, Gandi Putra Siregar di Cibinong, Selasa (28/1/2020).

Lebih lanjut Gandi mengatakan, kebijakan penghapusan denda PBB dari mulai tahun 2015 kebawah.

Artinya untuk tahun 2016 sampai 2020 denda tetap berlaku. Penghapusan denda ini diatur di Perbup Nomor 3 Tahun 2020.

“Kita targetkan dari penghapusan denda ini, piutang PBB sebesar Rp 1,2 triliun ada penambahan pemasukan sebesar Rp 205 miliar lebih. Itu di luar target penerimaan PBB yang ditetapkan di APBD 2020,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah rencana amnesty denda PBB sudah disosialisasikan, Gandi menjelaskan, secara formal belum, namun melalui semua Unit Pelaksana Teknis (UPT) sudah disampaikan kapada para WP yang datang.

“Nanti, setelah Perbupnya keluar, sosialisasi akan massif dilakukan, termasuk melalui media, karena posisi media sangat sentral menyebarluaskan informasi,” katanya.

Sebagai informasi, PBB sejak tahun 2013 lalu menjadi andalan Bappenda mengumpulkan uang untuk disumbangkan sebagai PAD setelah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).(WK/Ayi)

 

 

banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan