Warga Perumahan Serdang Asri II, Cegah Penyebaran Virus Covid-19 Secara Mandiri

Warga Perumahan Serdang Asri II, Cegah Penyebaran Virus Covid-19 Secara Mandiri
Maman Firmansyah Tokoh Mayarakat Serdang II,memasuki bilik Disinfektan usai bepergian ,minggu (29/3/2020

Tangerang (Brita7.com) -Tak ingin warganya terpapar virus corona, di Perumahan Serdang Asri II, RW 01,Citra Raya,Ds Panongan Kabupaten Tangerang melakukan penyemprotan desinfektan sendiri untuk semua rumah warga. Bahkan mereka telah melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada warga lewat RT masing – Masing dan di sebarkan melalui WhatsApp.

Margono selaku Kasi Pembangunan RW 01 ketika ditemuin di Pos Satpam Perumahan Serdang Asri II,Citra Raya,Minggu (29/3/2020), mengatakan bahwa tujuan dilakukan penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan meluasnya virus corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19)  di lingkungan RW 01 Desa Panongan.

Dijelaskan Margono tidak hanya penyemprotan saja, tapi  untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, semua akses jalan,yang menuju Serdang asri II,,baik dari Serdang Asri I, Graha Mitra Citra, maupun yang dari Griya Catania sementara ini ditutup,

“Semua Jalan menuju maupun dari  perumahan disekitar Serdang II, kami tutup sementara,hingga batas yang belum ditentukan”.ujar Margono.

Selain menutup sementara akses jalan,RW 01 dan menyemprotkan cairan kerumah warga,RW 01 juga  mendirikan Bilik desinfektan dengan tujuan supaya virus Covid 19 tidak menyebar di lingkungan RW 01.

Margono juga mengaku bahan disenfektan diperoleh dari desa Panongan sebanyak 5 ltr dan juga dari swadaya masyarakat RW 01.

“Ada rencana kami juga akan membagikan masker kepada warga,bahan sudah saya bagikan kepada pengrajin yang ada di Serdang Asri II,semoga ini bisa cepat di realisasikan,” jelas Margono.

Margono mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya prefentif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan wabah virus C-19. Namun hal tersebut harus diperjuangkan dengan berikhtiar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut di antaranya, rajin cuci tangan dengan sabun atau sejenisnya, membersihkan diri dengan mandi setidaknya 2 kali sehari, selanjutnya makan dengan teratur dan bergizi, juga mengkonsumsi buah dan sayur serta jangan lupa minum air yang secukupnya,” kata Margono.

Selain itu warga di dorong untuk tetap aktif berolahraga, menghindari bersentuhan dengan orang lain, beristirahat yang cukup, juga menghindari menyentuh hidung, mata dan mulut, serta tidak keluar rumah kecuali dalam hal yang mendesak..

Panik, cemas dan stres akibat banyaknya informasi dan pemberitaan tentang semakin merebaknya penularan korona juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga rentan terhadap penyakit termasuk infeksi C-19.

“Dalam situasi krisis akibat Covid-19 seperti saat ini, warga harus selalu berpikir positif, sabar dan tetap tenang agar mentalnya menjadi sehat, sehingga daya tahan tubuhnya juga tidak menjadi lemah. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga baik, maka dengan sendirinya tubuh tidak mudah terkena penyakit”, pungkas Margono. (ara)

 

banner 468x60
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan